Kesehatan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

kesehatan keselamatan kerja k3 di perusahaan

Tingkat kecelakaan kerja dalam suatu perusahaan sangat mustahil untuk ditekan seminimal mungkin jika kita tidak menumbuhkan budaya K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) pada karyawan itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan berbagai cara untuk memperbaiki atau paling tidak untuk mensosialisasikan pentingnya K3 di tempat kerja bagi karyawan tentu saja hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kita tentang K3 dimana sebenarnya hal tersebut adalah kebutuhan dasar bagi karyawan itu sendiri.

Cara untuk menggalakkan budaya Kesehatan Keselamatan Kerja dalam suatu perusahaan :

1. Training Kesehatan Keselamatan kerja (K3)

Mustahil untuk meminta kepada karyawan pedulu tentang K3 jika mereka sendiri tidak tahu apa yang harus mereka lakukan jika menghadapi adanya potensi bahaya. Training dasar mengenai K3 kepada karyawan diharapkan paling tidak karyawan dapat secara proaktif bisa melakukan identifikasi bahaya, menilai bahaya itu sendiri dan tentunya menyalurkan ke departemen terkait mengenai kondisi tersebut atau bahkan bisa merekomendasikan bagaimana cara menentukan pengendaliannya.

2. Penilaian Resiko

Yaitu kegiatan mengidentifikasi dan menyingkirkan bahaya dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

3. Aktif Memonitor Pelaksanaan standar Keselamatan kerja

Hal paling sederhana dalam hal ini apakah pemakaian alat pelindung diri digunakan dan terbukti efektif. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan audit sistem manajemen K3 lintas departemen.

4. Selalu Komunikasikan pesan yang berhubungan dengan K3

Komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana misalnya melalui buletin bulanan, poster, stiker, dan panutan dari seorang atasan kepada bawahannya.

5. Menyertakan unsur K3 dalam proses pembelian.

Tak bisa dipungkiri pembelian dalam suatu perusahaan selalu berhubungan dengan budget / dana. Tetapi alangkah baiknya jika unsur K3 dimasukkan dalam persyaratan terhadap barang yang akan dibeli dan digunakan untuk produksi. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah tetapi kurang dari segi safetynya.

6. Ciptakan Sistem Kerja Yang Aman

Hampir sama dengan point 5, tetapi dalam penerapannya lebih di prosedur kerjad dalam perusahaan itu sendiri yang juga melibatkan / mempertimbangkan unsur kesehatan keselamatan kerja.

7. Ciptakan kondisi lingkungan kerja yang baik.

Kondisi lingkungan yang baik. tentunya juga akan berpengaruh pada kesehatan kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan, dengan adanya lingkungan yang baik, saling peduli, saling mengingatkan satu sama lain diharapkan dapat menekan angka kecelakaan di perusahaan anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *