Anda Customer Lab Kalibrasi? Inilah Hak Anda!

hak lab kalibrasi

“Customer is the king” Anda seorang customer maka andalah rajanya, tak terkecuali sebagai pengguna jasa laboratorium kalibrasi. Dalam menggunakan jasa kalibrasi sebenarnya banyak yang bisa kita dapatkan dari hanya sekedar selembar sertifikat yang mungkin sebagian besar perusahaan disiapkan hanya untuk menghadapi proses audit ISO.

Kepuasan pelanggan bagi kami penyedia jasa layanan kalibrasi alat ukur merupakan kemampuan kami dalam memenuhi harapan anda. Ketika harapan anda tidak terpenuhi maka anda berhak untuk melakukan complain mengenai masalah yang anda dapati sepanjang masih berhubungan dengan kegiatan kalibrasi alat ukur anda. Dan hal tersebut sebenarnya merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi kami karena dengan adanya keluhan pelanggan, kami dapa senantiasa melakukan peningkatan / perbaikan secara terus menerus dalam siklus PDCA (Plan Do Check Action)

Pada dasarnya suatu laboratorium kalibrasi sedapat mungkin dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pelanggan yang berhubungan langsung dengan laboratorium / pihak berkepentingan.

Bagaimanapun pengguna jasa kalibrasi dengan suatu laboratorium kalibrasi merupakan suatu jalinan kerjasama dimana kerjasama tersebut haruslah menguntungkan kedua belah pihak.

Kerja sama antara pelanggan dengan laboratorium kalibrasi dapat meliputi antara lain :

1. Menyediakan akses kepada pelanggan ke bagian yang relevan dari laboratorium berkaitan dengan kebutuhan pelanggan.
Contohnya : Menyaksikan kegiatan kalibrasi alat pelanggan
Kegiatan tersebut tentunya harus tetap mengikuti aturan main yang berlaku yang tertuang dalam form tertentu yang menyatakan hal-hal yang harus dipatuhi oleh pelanggan misalnya : dilarang untuk membocorkan informasi mengenai rahasia / informasi pelanggan lainnya.

2. Alat ukur yang anda kalibrasi harus senantiasa terjaga dalam kondisi baik dengan cara adanya identifikasi, terlindungi dari adanay kontaminasi, degradasi, decomposisi, deteriorasi, ataupun kerusakan lainnya.

3. Penjelasan mengenai hasil kalibrasi terhadap alat ukur anda.
Pada kenyataannya masih banyak diantara customer yang acuh terhadap hasil kalibrasi, bagi mereka yang terpenting adalah alat mereka sudah dikalibrasi. Hal ini sangatlah disayangkan karena kalibrasi ini merupakan salah satu parameter dalam memberikan suatu jaminan mutu produk yang baik bagi perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *