3 Macam Alat Ukur Panjang Yang Paling Sering Digunakan

Dalam suatu kegiatan pengukuran, salah satu parameter yang seringkali diukur adalah dimensi panjang suatu benda. Untuk mengukur hal tersebut maka diperlukan adanya alat ukur panjang. Selama ini yang paling banyak kita kenal untuk alat ukur panjang ini adalah penggaris, Namun sebenarnya ada beberapa lainnya yang sering digunakan dalam berbagai industri. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Stell Ruler / Metal Ruler

3. alat ukur panjang metal ruler

Alat ukur ini mirip penggaris, terbuat dari bahan stainless stell. Dimensi yang sering kita temui adalah 40 cm ; 60 cm ; dan 100 cm dengan tingkat akurasi 0.5 milimeter. Dalam suatu perusahaan manufacturing alat ini sering digunakan di bagian quality control untuk pengukuran kemasan suatu produk baik itu kemasan primer, kemasan skunder, maupun kemasan tersier. Meskipun secara fungsi terlihat sederhana, namun tetap untuk menjamin keakurasian pengukuran stell ruler / metal ruler ini haruslah dikalibrasi.

2. Meteran

3. alat ukur panjang meteran'

Jika ditinjau dari sisi benda yang diukur, alat ukur meteran ini digunakan untuk mengukur benda dengan dimensi panjang yang tidak bisa diukur dengan stell ruler (dimensi yang diukur lebih panjang). Alat ini banyak digunakan di dalam dunia arsitek, tukang bangunan, alat ukur tanah, sampai dengan alat ukur panjang baju dalam dunia konveksi. Alat ini mempunyai bentuk seperti pita yang digulung sehingga membentuk semacam roll. Cara penggunaan dari alat ini juga relatif sederhana yaitu kita cukup meletakkan ujung meteran pada benda yang akan diukur dan menariknya sampai batas yang diinginkan dan nilai panjang tersebut bisa dilihat dari skala yang tertera di dalam meteran. Akurasi dari meteran ini juga sama dengan stell ruler yaitu 0.5 milimeter.

3. Meteran laser

Dilihat dari namanya, tentu alat ini lebih akurat dibandingkan dari stell ruler maupun meteran. Alat ini banyak digunakan oleh para ahli untuk pengukuran panjang dalam kontroksi di lapangan.
Cara kerja dari meteran laser ini adalah dengan menggunakan ultrasonic sehingga data yang dihasilkan untuk pengukuran panjang / jarak, ketinggian, dll sangatlah akurat, cepat dan praktis.
Cara penggunaan alat ini juga relatif sederhana yaitu hanya dengan menekan tombol sehingga keluar laser dan dimensi jaraknya akan terdisplay dalam layar LCD alat tersebut.

Gunakan Form Berikut Untuk Permohonan Penawaran Harga Kalibrasi Metal Ruler / Meteran






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *