Pengertian Instruksi Kerja dan Formulir dalam Sistem Manajemen Mutu

pengertian instruksi kerja dan formulir

Instruksi kerja dalam suatu sistem manajemen mutu merupakan dokumen tingkat 3. Lalu apa sebenarnya pengertian instruksi kerja tersebut?

Instruksi kerja adalah pedoman yang telah dibakukan di dalam suatu perusahaan dan digunakan oleh para pelaksana dalam melaksanakan suatu pekerjaan secara benar. Instruksi kerja atau juga biasa disebut dengan work instruction (WI) ini menguraikan kegiatan operasioanal dari salah satu prosedur yang bersifat teknis. Dengan kata lain IK (Instruksi kerja) adalah suatu petunjuk yang rinci tentang bagaimana suatu proses atau prosedur dilaksanakan. Dengan demikian tujuan instruksi kerja ini adalah pelengkap prosedur serta dapat membantu proses pengendalian.

Bentuk dari instruksi kerja bisa berupa uraian kaliman, bagan alir, ataupun gambar yang penting diuraikan secara jelas sehingga tidak bersifat multi tafsir bagi penggunanya.

Instruksi kerja itu sendiri bisa dibuat oleh pelaksana yang setiap hari melaksanakan kegiatan operasional yang bersangkutan, namun tetap memerlukan bimbingan atasan langsungnya.

Berikut ini cara menulis instruksi kerja yang baik :

1. Tulislah tahapan demi tahapan selangkah demi selangkah.

2. Penjelasan rinci setiap langkah beserta peralatan, dokumen penunjang dan lain sebagainya.

3. Sudah diuji coba sebelumnya dan tentunya sudah diterapkan.

Lalu apa pengertian formulir?

Semua proses di dalam pelaksaan instruksi kerja yang tadi sudah dijelaskan harus dicatat / direkam sebagai salah satu persyaratan sistem manajamen mutu. Form untuk mencatat yang kita lakukan dalam instruksi kerja inilah yang disebut dengan formulir.

Tujuan formulir ini adalah untuk mengurangi kesenjangan informasi serta kemampuantelusuran suatu kegiatan. Informasi yang dapat diidentifikasi dengan baik dan benar dapat diealuasi untuk menjuju berbaikan berkesinambungan serta untuk meningkatkan efisiensi.

Formulir yang telah diisi menjadi rekaman sebagai bukti bahwa kegiatan operasional perusahaan telah dilakukan dan sistem manajemen mutu telah diterapkan secara efektif.

Berikut ini adalah beberapa contoh formulir dalam suatu perusahaan :

1. Formulir verifikasi harian ph meter laboratorium

2. Formulir label kalibrasi alat

3. Formulir karantina produk jadi

4. Formulir bahan pemasok

5. Formulir verifikasi timbangan analitik

7. Formulir daftar pemasok yang disetujui

dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *