Patologi Anatomi dan Patologi Klinik

patologi anatomi dan patologi klinik

Patologi Anatomi

Patologi anatomi merupakan salah satu bidang spesialisasi medis yang berhubungan dengan diagnosis penyakit yang bisa dilakukan dengan pemeriksaan kasar / visual, mikroskopik, ataupu molekuler dari sel, jaringan, serta organ. Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi fokus dari patalogi anatomi ini, kanker adalah penyakit yang merusak sel dan membuat kondisi tubuh menjadi menurun juga memblokir jaringan yang dibutuhkan oleh tubuh. Pakar / ahli dari pakar patalogi ini bekerja untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit kanker. Banyak sekali yang sudah di hasilkan oleh ahli patalogi dan sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan untuk membantu mencegah maraknya penyakit kanker.

Saat ini, Dokter Patologi anatomi masih sangat sedikit, bahkan masih bisa dihitung. Padahal kalau dipikirkan kembali dokter ini sangat dibutuhkan oleh para penderita penyakit kanker.Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan juga dengan adanya banyak penelitian, maka Patologi anatomi banyak memberikan konstribusi dalam hal penemuan untuk mengobati aneka jenis kanker.

Ada saat dimana para dokter patologi memerlukan bantuan dalam mencari informasi mengenai masalah khusus dan juga kondisi pasiennya. Salah satu cara untuk memastikan kondisi salah satu pasien dari meraka yang dianggap sudah sangat penting untuk mengetahui kondisi yang mereka rasakan adalah dengan mengambil salah satu sample dari cairan tubuhm ereka, hal ini untuk memastikan sebenarnya penyakit yang mereka derita, supaya pasien lebih dini mengenal dan memberikan pengobatan pada penyakitnya tersebut.

Peran dokter patologi sangat penting dan sangat dibutuhkan namun biasanya para pakar patologi ini bekerja di laboratorium dan bertugas untuk menganalisis dan sebagai konsultan dari pasien yang sakit,mereka juga berperan dalam mengenali dan menentukan jenis penyakit apa yang di derita oleh pasien.

Menjadi dokter patologi anatomi bukanlah hal yang mudah dan satu hal lagi yang harus anda ketahui jika anda memutuskan untuk menjadi dokter ini anda akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang,danbesar kemungkinan anda akan menjadi salah satu dokter yang terkenal dan banyak dicari.

Tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan,itu adalah hal yang di ajarkan oleh patalogi anatomi, apapun bisa terjadi di dunia ini,para dokter mengusahakan yang terbaik dan semaksimal mungkin, maka kemungkinan untuk sembuh juga akan semakin besar, hal inilah yang selalu diyakini oleh para dokter. Jika anda mengalami beberapa keluhan atau sakit,maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter ahlinya. Nah untuk penyakit kanker ahli Patologi anatomi adalah dokter yang tepat untuk membicarakan langkah apa saja yang harus anda ambil untuk proses penyembuhannya.

Selain sebagai salah satu dokter yang berfokus pada penyakit tertentu,Patologi anatomi juga dapat bekerja dibidang forensic. Meskipun sebenarnya cara kerja patologi anatomi adalah terlibat dengan diagnosis penyakit berdasarkan pada pemeriksaan dan analisis berbagai organ, jaringan, dan seluruh tubuh, namun mereka bekerja dengan lebih baik dan lebih banyak bidang dari dokter yang lainnya.

Patologi Klinik

Bagi teman-teman yang bukan dari dunia kedokteran mungkin akan kebingungan dengan istilah patologi klinik. Biar lebih mudah memahaminya kita urai kalimat tersebut menjadi 2 kata yaitu patologi dan klinik. Patologi itu sendiri dari sumber yang kami kutip dari wikipedia mempunyai pengertian yaitu salah satu cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan ciri dan perkembangan penyakit melalui suatu analisis perubahan fungsi atau keadaan bagian tubuh.

Studi dengan menggunakan cabang ilmu tersebut diatas dalam diagnosa dan pengobatan suatu penyakit disebut dengan palologi klinik. Contoh yang mungkin kita sering temua adalah penelitian lab terhadap sampel urin, feses, darah, atau suatu sampel jaringan. Lebih jauh lagi patologi klinik ini bercabang lagi menjadi hematologi (dimana mempelajari tentang darah, kelainan / gangguan penyakit yang berkaitan dengan darah, serta jaringan yang menhasilkan darah), bakteriologi (tentang bakteri), virologi (tentang virus).

Untuk mendukung semua hal tersebut diatas tentu tidaklah lepas dari suatu alat ukur yang digunakan. Bebarapa peralatan yang lazim digunakan dalam suatu laboratorium patologi klinik adalah sebagai berikut :

1. Centrifuges

2. Microscope binokuler dan microscope labophot

3. Analyser kimia

4. Cardionas Colonis

5. Biologi safety forma scientific

6. Burnet

7. Refrigerator

8. Oven

9. Autoklaf

10. Inkubator

11. Transformator

12. Cystoscopy

13. Miraplus

14. Diff Cell COunter

15. Fibre Clasifier

16. Dimension

17. Refrigerated centrifuge

18. Temperature controle C/W

19. Reach Infrezzer

20. Cold Room Freezzer

21. Autowell Gamma System

22. Coagulation Meter

23 Elecrophosis Chamber

24. Heating Bloet / Test Tube Heater

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *