Apa itu Sound Level Meter?

tingkat kebisingan sound level meter

Sebelum berbicara lebih jauh tentang sound level meter ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai konsep bunyi itu sendiri.

Bunyi merupakan getaran yang berbentuk gelombang longitudinal yang mampu merangsang indra pendengaran kita. Gelombang tersebut terdiri dari partikel yang berosilasi membentuk suatu renggangan dan rapatan. Gelombang bertekanan yang tinggi akan dihasilkan jika partikel tersebut saling merapat demikian pula sebaliknya.

Pergerakan gelombang tersebut dapat melalui media cair, gas ataupun padat tetapi tidak bisa didalam vacuum hal ini disebabkan tidak adanya partikel zat yang dapat mentranmisikan getaran.

Pengertian Sound Level Meter

Sound level meter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur intensitas kebisingan. Hal ini menjadi penting ketika suatu perusahaan menerapkan suatu sistem manajemen kesehatan keselamatan kerja (SMK3) ataupun ISO 45001. Bagaimanapun tingkat kebisingan tersebut harus diukur untuk melindungi paparan pada pekerja dalam menjalankan tugasnya dalam suatu perusahaan karena ada beberapa bagian pekerjaan tidak dapat dilepaskan dari kebisingan tersebut contohnya adalah kebisingan pada compresor, pompa, dll.

Jika kita merujuk ke keputusan menakertrans No. 51 tahun 1999 maka terdapat 3 zona berdasarkan tingkat kebisingan tersebut yaitu :

  • zona aman (dibawah 85 dBA)
  • zona dengan pelindung ear plug berkisar antara 85 – 95 dBA dan
  • zona dengan pelindung ear muff dengan tingkat kebisingan diatas 95 dBA.

Untuk mengetahui tingkat kebisingan tersebut diukur menggunakan sound level. Penggunaan dari sound level ini juga cukup mudah yaitu diarahkan ke sumber suara, setinggi telinga, agar dapat menangkap kebisingan yang tercipta

Di pasaran ada beberapa brand dari sound level meter antara lain extech. Pada kesempatan kali ini kami akan mereview spesifikasi sound level meter brand Extech tipe Extech HD600.

Sound Level Meter Extech HD 600

kalibrasi sound level meter

HD 600 merupakan salah satu tipe sound level meter brand extech. Brand ini sendiri telah banyak mengeluarkan berbagai macam varian alat ukur untuk keperluan industri seperti temperatur, humidity, dan lain-lain. Sehingga jika bicara kualitas tentunya tidak perlu kita ragukan lagi.

Extech HD 600 merupakan high accuracy dataloging untuk sound level yang memenuhi ANSI dan IEC 61672-1 Tipe 2. Dengan 3 rentang ukur dari 30 s/d 130 db serta akurasi 1.4 dB serta mampu merekam pembacaan sampai dengan 20 ribu data. Jika dikoneksikan ke PC maka mampu merekam data 10 pembacaan / detik. Seperti hampir semua alat ukur extech lainnya, alat ini juga terdapat fitur Min/Max, Data Hold, Auto power off functions yang dapat membantu pekerjaan anda di lapangan.

Sound level ini tergolong ke type 2 dan mempunyai resolusi 0.1 dB. Untuk fitur yang lainnya merupakan fitur standar seperti yang dimiliki alat ukur kebisingan lainnya seperti pengaturan fungsi min / max / hold, respons fast / slow serta dimensi yang tidak terlalu besar yaitu 10.9 x 3 x 2 in (278 x 76 x 50 mili meter).

Dalam paket pembelian sound level meter ini dijual dengan kelengkapan antara lain adaptor, Windows® compatible software, USB cable, wind cover, tripod, 9V battery, dan hard carrying case.

Spesifikasi lengkap dari sound level Extech HD 600 :

Meter class : Type 2
Decibel (dB) range (high) : 130
Decibel (dB) range (low) : 30
Compliance : ANSI/IEC type 1 and type 2
Dimensions : 10.9 x 3 x 2 in (278 x 76 x 50mm)
Function : Min/Max, hold
Accuracy : ┬▒ 1.4 dB
Weighting :A and C
Resolution (dB) : 0.1 dB
Response : Fast/slow time
Display : LCD
Datalogging : 20,000 points
Output : AC/DC (analog)
Brand :Extech
CE Compliance :Yes
Power :One 9V battery
Manufacturer number : HD600
Model : HD600
Product Type : Sound Meter
Qty/ea 1

Cara Menggunakan Sound Level Meter Extech HD 600

Sebagaimana alat ukur lainnya, pada saat melakukan pembelian alat ukur, tentunya kita akan mendapatkan manual book, atau petunjuk pengoperasian penggunaan alat, dimana di dalam manual tersebut juga dijelaskan secara mendetail mengenai dari nama-nama bagian alat, cara penggantian bateray (jika alat ukur tersebut bekerja dengan menggunakan bateray), sampai dengan trouble shooting ketika kita menghadapi masalah / error terkait dengan penggunaan alat ukur tersebut.

Sebagai informasi, manual book tersebut merupakan salah satu dokumen eksternal jika kita menerapkan sistem manajemen ISO 17025 sehingga harus didokumentasikan dan dikendalikan. Disarankan juga untuk membuat instruksi kerja penggunaan alat dimana dokumen ini disertakan / diletakkan / dengan mudah dapat di akses oleh personel bersangkutan yang menggunakan unit tersebut.

Berikut ini adalah gambaran singkat cara menggunakan sound level Extech HD 600 :

  • Arahkan sound level meter ke sumber suara setinggi telinga
  • Baca hasil pembacaan di display alat

Kegunaan Sound Level dalam Industri

Seperti sudah diuraikan diatas, jika perusahaan menerapkan sistem SMK3 atau ISO 45001, hampir pasti keberadaan sound level meter ini mudah kita temukan karena merupakan salat satu persyaratan yang harus kita penuhi dalam melakukan pengukuran kebisingan.

Berikut ini adalah beberapa contoh industri yang menggunakan sound level meter.

  • Perusahaan roti dimana menggunakan mesin pemotongan roti, aktifitas mesin yang terus berjalan menyebabkan bunyi yang menghasilkan tingkat kebisingan yang sangat tinggi sehingga dapat mempengaruhi kesehatan karyawan, Sehingga tingkat kebisingan di area mesin ini harus diukur, dan tentunya perusahaan / departemen Safety akan mengidentifikasi alat pelindung diri yang sesuai untuk personel yang bekerja di area ini.
  • Gardu listrik yang terdapat mesin transformator dalam perusahaan pembangkit listrik yang juga menghasilkan tingkat kebisingan yang tinggi juga harus dilakukan pengukuran, karena berdasarkan penelitian dalam sebuah jurnal, tingkat kebisingan di area gardu listrik ini bisa mencapa 80 dB.
  • Pabrik amoniak, merupakan salah satu perusahaan yang juga menggunakan mesin-mesin yang menghasilkan tingkat kebisingan yang tinggi juga perlu dilakukan pengukuran dengan menggunakan sound level untuk tetap menjaga kesehatan karyawannya.
  • Perusahaan laundry, meskipun terkesan sederhana, namun beberapa area misalnya : area pencucian, pengeringan, dan pensetrikaan mempunyai nilai ambang batas kebisingan yang diperbolehkan dari hasil pengukuran dengan menggunakan sound level meter.

Dampak Kebisingan Bagi Kesehatan

Pekerja yang terpapar dengan kebisingan terus menerus tentunya akan mendapatkan dampak yang kurang bagus baik dari mulai gangguan pendengaran sampai dengan hilangnya pendengaran. Contoh kasus dalam perusahaan laundry tersebut, dalam sebuah penelitian terdapat beberapa karyawan yang mengalami gangguan pendengaran akibat seringnya terpapar kebisingan.

Referensi Kalibrasi Sound Level Meter

Standar yang digunakan untuk melakukan kalibrasi sound level meter adalah multifunction acoustic calibrator, dimana alat ini berfungsi sebagai filgter yang bekerja untuk menghindari noise yang timbul oleh sumber suara pada saat dilakukan pengukuran. Band pass Filter merupakan salah satu filter yang digunakan, dimana filter ini akan meloloskan frekuensi tertentu pada rentang tertentu serta melemahkan sinyal yang memiliki frekuensi selain rentang tersebut. Di dalam Band Pass Filter tersebut terdapat selektro yang berfungsi sebagai pemindah frekuensi sesuai dengan titik ukur dan digerakkan secara manual.
Untuk melakukan kalibrasi sound level meter secara mandiri / internal ini tentunya tidak sedikit investasi yang harus disiapkan dari menyediakan personel yang kompeten, fasilitas lingkungan yang memadai, serta standar kalibrator yang harganya relatif mahal. Jika unit sound level di perusahaan kita jumlahnya hanya sedikit lebih baik dipertimbangkan untuk melakukan kalibrasi secara eksternal ke laboratorium layanan kalibrasi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *