Pengertian Barcode Batang dan Cara Pembacaannya Dengan Menggunakan Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190

Barcode merupakan salah satu gambar yang sering kita temui jika kita bekerja di area pergudangan, karena gambar barcode ini hampir pasti terdapat di dalam kemasan baik itu kemasan bahan baku raw material maupun bahan baku kemasan.

Penggunaan barcode di area gudang itu sendiri memberikan keuntungan antara lain dalam hal akurasi dimana aktifitas gudang yang biasanya ditulis secara manual maka bisa ditekan tingkat kesalahannya dengan menggunakan barcode karena input data dilakukan secara otomatis. Dari sisi waktu juga terbilang lebih cepat, hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja kita sudah bisa melakukan registrasi beberapa bahan baku di area gudang. Dengan adanya barcode ini sistem pelayanan juga bisa kita tingkatkan karena jumlah stock secara real time bisa kita lihat. Dan yang paling penting adalah penggunaan barcode yang relatif mudah sehingga hanya dengan sekali training operator / personel di area gudang sudah bisa memahaminya.

Jenis-jenis barcode Batang / 1 Dimensi :

Untuk barcode 1 Di ini, jumlah karakter biasanya hanya 8-15 saja. Ada beberapa jenis dari barcode 1 D ini antara lain :

  • Code 39

Jenis barcode ini dapat menyandikan angka 0 – 9 dan huruf A – Z dan beberapa symbol lainnya yang sering kita lihat di keyboard komputer antara lain spasi, -, $,  /, +, %.. barcode ini merupakan salah satu barcode yang tertua yang masih kita temui sampai saat ini dan banyak digunakan di beberapa industri otomotif, kesehatan, sampai dengan pemerintahan.

  • Code 128

Barcode jenis ini dapat menyandikan angka 0 – 9 dan huruf A – Z  dan semua simbol ASCII standar serta beberapa karakter khusus serta banyak digunakan di industri pengemasan dan pengiriman hampir di semua negara di seluruh dunia.

  • Interleaved 2 of 5

Barcode batang jenis ini mempunyai toleransi yang tinggi, sehingga banyak digunakan produk kemasan, misalnya di kemasan karton yang secara tekstur cenderung bergelombang. Jumlah digit yang ada di dalam barcode jenis interleaved 2 of 5 ini haruslah genap supaya bisa berfungsi.

  • Kode produk Universal

Biasa dikenal dengan barcode UPC (Universal Product Codes) dan banyak kita temukan pada produk ritel. Awalnya barcode UPC ini dibuat untuk toko grosir untuk pelacakan invetaris yang cepat.

  • Nomor Artikel Internasional

Borcode batang jenis ini biasa disebut dengan barcode EAN yang pada dasarnya adalah superset dari barcode UPC / kode produk universal. barcode ini digunakan di universitas, perpustakaan, sampai penjual buku untuk penelusuran buku. 13 Digit di dalam barcode ini dibuat dari ISBN (Nomor buku standar internasional) sehingga keberadaan setiap buku dapat dilacak dengan mudah.

Cara Membaca Barcode Batang Dengan Menggunakan Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 :

alat pembaca barcode batang

Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 Tampak Dari Depan

scan barcode tampak belakan

Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 Tampak Dari Belakang

2. Hidupkan alat dengan menekan tombol PWR (1) sehingga display (2) menyala dan menunjukkan ICON MENU seperti gambar dibawah ini :

barcode motorolla

Tampilan Menu Pada Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190

3. Ambil stylus (4) dari sylus holder (6) yang ada dibelakang alat kemudian tekan icon menu Sample. C (7) sebanyak 2 kali sehingga display (2) menunjukkan sub menu sample application seperti tampilan dibawah ini :

sample aplication barcode

Tampilan Sub Menu Sample Aplication pada Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 S

4. Tekan icon menu SCAN (8) sebanyak 2 kali sehingga display (2) menunjukkan menu scan sampel example seperti gambar dibawah ini.

menu barcode motorolla

Tampilan Menu Scan Sampel Example pada Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 S

5. Tekan tombol OK (9) sehingga display menunjukkan tampilan gambar seperti dibawah ini :

scan barcode

Tampilan Menu Scan Sampel Example pada Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 S

6. Arahkan scan window (5) ke barcode (10) sampel kemasan, kemudian tekan tombol Scan Button (3) sampai terdengar bunyi “beep” dan layar menunjukkan hasil pemeriksaan barcode seperti pada gambar dibawah ini :

Catatan : Pastikan laser scanner (11) mengenai seluruh barcode (10) yang akan dibaca dan dengan posisi horisontal seperti gambar dibawah ini.

posisi pembacaan barcode yang benar

Posisi pembacaan barcode yang benar

pembacaan barcode batang

Hasil Pembacaan Barcode Pada Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190 S

7. Jika alat telah selesai digunakan, matikan alat dengan menekan tombol PWR (1).

Demikian cara membaca barcode batang dengan menggunakan Scan Barcode Motorola Tipe MC 3190..

Jika ada masukan, kritik, atau saran silakan berikan melalui kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *