Alat Uji Kebocoran Kemasan Sachet

alat-uji-kebocoran

Salah satu parameter untuk hasil akhir suatu produk yang sudah terbungkus dalam kemasan primer (kemasan yang berhubungan langsung dengan produk (misalnya : sachet dll) adalah dengan memastikan kemasan tersebut bocor / tidak. Untuk itu diperlukanlah suatu alat uji kebocoran. Lalu seperti apa sih gambaran mengenai alat ini.

Paling tidak ada 3 komponen utama dalam alat uji kebocoran ini :

1. Chamber / kotak tempat sampel

Ruangan / kotak tempat sampel dengan dimensi tertentu, yang biasanya terbuat dari bahan akrilik dengan tebal kurang lebih 3 cm. Penggunaan kaca akrilik sebagai bahan kotak tempat sampel ini mempunyai keuntungan karena sifatnya yang transparan (tembus pandang) sehingga kita bisa melihat sampel mana yang bocor pada saat dilakukan pengujian. Karena pada saat melakukan analisa sampel (terutama sachet), untuk mempercepat proses analisa, biasanya kita akan menguji tidak hanya 1 atau 2 sampel saja, namun bisa jadi puluhan sampel kita uji secara bersama-sama sehingga kita harus bisa memastikan sachet mana yang bocor.

2. Vacuum pump

Sesuai dengan namanya, unit vacuum pump ini berfungsi untuk menyedot / membuat vacuum kotak sampel dimana antara vacuum pump dengan kotak sampel tersebut terhubung dengan tubing yang biasanya terbuat dari karet atau silicon. Di unit vacuum pump ini juga bisa dimodifikasi dan diintegrasikan dengan timer, sehingga kita tidak perlu lagi report menggunakan stop watch pada saat analisa kebocoran, cukup kita seting di awal pada timer ini.

3. Vacuum gauge

Vacuum gauge pada alat uji kebocoran dilatakkan deket lubang keluaran angin pada kotak sampel. Fungsinya tentu saja untuk mengetahui berapa tekanan yang ada di dalam kotak sampel tersebut. Untuk beberapa sampel sachet vacuum dengan besar 600 mbar dengan waktu analisa selama 5 menit sudah cukup untuk digunakan analisa sampel tersebut.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan terkait dengan vacuum pump ini adalah unit tersebut tentunya harus dikalibrasi dengan interval waktu tertentu.

Cara Menggunakan Alat Uji Kebocoran :

Untuk mengoperasikan alat ini juga relatif sederhana :

1. Seting timer yang ada di dalam vacuum pump

2. Isi air pada kotak sampel, kemudian masukkan beberapa sampel sachet dan tutup kotak sampel tersebut secara rapat.

3. Tutup semua kran pembuangan angin

4. Nyalakan vacuum pump dan biarkan proses analisa berjalan.

Sampel yang bocor diindikasikan dengan adanya gelembung pada sampel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *