Klausul 5 SNI ISO / IEC 17025 : 2017

5. Persyaratan Struktural

5.1 Laboratorium harus merupakan suatu badan hukum, atau bagian tertentu dari suatu badan hukum, yang bertanggung jawab secara hukum atas kegiatan laboratoriumnya.

Catatan : Untuk keperluan dokumen ini, laboratorium pemerintah dianggap sebagai badan hukum berdasarkan status kepemerintahannya.

5,2 Laboratorium harus menetapkan manajemen yang memiliki tanggung jawab keseluruhan atas laboratorium

5.3 Laboratorium harus menentukan dan mendokumentasikan ruang lingkup kegiatan laboratorium yang sesuai dengan dokumen ini. Laboratorium hanya mengklaim kesesuaian dengan dokumen ini untuk ruang lingkup kegiatan laboratorium tersebut, tidak termasuk kegiatan laboratorium yang disediakan secara eksternal secara berkelanjutan.

5.4 Kegiatan laboratorium harus dilakukan sedemikian rupa untuk memenuhi persyaratan dokumen ini, pelanggan laboratorium, otoritas pemerintah, dan organisasi yang memberikan pengakuan. Hal ini harus mencakup kegiatan laboratorium yang dilakukan di semua fasilitas permanennya, di lokasi yang jauh dari fasilitas permanennya, fasilitas sementara, atau bergerak yang terkait, atau fasilitas pelanggan.

5.5 Laboratorium harus :

a. Menentukan struktur organisasi dan manajemen laboratorium, posisinya dalam organisasi induk, dan hubungan antara manajemen, kegiatan teknis, dan layanan pendukung.

b. Menentukan tanggung jawab dan wewenang dan hubungan antara semua personel yang mengelola, melaksanakan, atau menverifikasi pekerjaan yang memengaruhi hasil kegiatan laboratorium.

c. Mendokumentasikan prosedurnya sejauh diperlukan untuk memastikan penerapan kegiatan laboratorium secara konsisten dan keabsahan hasil.

5.6 Laboratorium harus memiliki personel yang terlepas dari tanggung jawab lainnya, memiliki wewenang dan sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya, yang mencakup :

a. Penerapan, penerapan, dan peningkatan sistem manajemen

b. Identifikasi penyimpangan dari sistem manajemen atau dari prosedur pelaksanaan kegiatan laboratorium

c. Inisiasi tindakan untuk mencegah atau meminimalkan penyimpangan tersebut

d. Pelaporan kepada manajemen laboratorium mengenai kinerja sistem manajemen dan kebutuhan peningkatan.

e. Pemastian keefektifan kegiatan laboratorium.

5.7 Manajemen laboratorium harus memastikan bahwa :

a. Komunikasi mengenai keefektifan sistem manajemen dan pentingnya pemenuhan persyaratan pelanggan dan persyaratan lainnya berjalan

b. Integritas sistem manajemen terjaga ketika ada perubahan pada sistem manajemen yang direncanakan dan dilaksanakan.

Baca Juga :

Klausul 4 SNI ISO / IEC 17025 : 2017

Anda Membutuhkan Konsultan SNI ISO / IEC 17025 : 2017?

atau