Kalibrasi Massa

Kalibrasi massa, lingkup alatnya apa saja sih?

Jika berbicara parameter massa tentunya semua orang sudah tahu, bahkan alat ukur dengan parameter ini hampir semua perusahaan manufaktur memilikinya.

Mulai dari analytical ballance yang umum digunakan di laboratorium untuk menimbang sampel dengan massa yang relatif ringan atau berkisar puluhan gram, sampai dengan jembatan timbang yang kapasitasnya sampai beberapa ton.

Supaya ada gambaran mari kita perlihatkan gambar dari masing-masing jenis timbangan tersebut.

 

Gambar diatas adalah analytical ballance, umumnya kapasitsanya hanya berkisar 100 gram, 200 gram, ataupun 300 gram. Resolusinya 0.0001 gram, akurasinya ada yang sampai 0.0002 gram tergantung merk analytical ballance yang teman-teman beli. Ciri khas dari analytical ballance ini adalah adanya chamber yang mengelilingi timbangan untuk menjaga kestabilan.

Kebayang kan ketelitiannya?

Analytical ballance dengan resolusi 0.0001 gram (atau 0.1 mg) memiliki berbagai kegunaan dalam analisis laboratorium karena tingkat ketelitian dan keakuratannya yang tinggi. Beberapa kegunaan tersebut antara lain:

  1. Penimbangan Bahan Kimia: Analytical ballance digunakan untuk menimbang bahan kimia dengan presisi tinggi, yang sangat penting untuk persiapan larutan standar, reagen, dan campuran reaksi.
  2. Analisis Gravimetri: Dalam metode analisis gravimetri, analytical ballance digunakan untuk menentukan massa zat sebelum dan sesudah suatu proses, seperti pengendapan, pengeringan, atau pembakaran, guna menghitung konsentrasi unsur atau senyawa tertentu.
  3. Penimbangan Sampel Mikro: Digunakan untuk menimbang sampel yang sangat kecil dalam jumlah mikrogram hingga beberapa miligram, seperti dalam analisis biologi molekuler, kimia analitik, dan farmasi.
  4. Kontrol Kualitas: Dalam industri makanan dan kimia, analytical ballance digunakan untuk memastikan bahwa bahan baku dan produk akhir memenuhi spesifikasi kualitas yang ketat.
  5. Persiapan Larutan Standar: analytical ballance digunakan untuk menimbang zat dengan akurasi tinggi untuk membuat larutan standar dengan konsentrasi yang tepat, yang penting dalam kalibrasi instrumen analitik seperti spektrofotometer dan HPLC.
  6. Penelitian dan Pengembangan: Dalam penelitian ilmiah, analytical ballance digunakan untuk eksperimen yang membutuhkan pengukuran massa dengan presisi tinggi, seperti sintesis material baru, studi reaksi kimia, dan pengembangan produk.
  7. Penentuan kadar air: Digunakan bersama dengan alat pengering atau oven, analytical ballance membantu menentukan kandungan kelembaban sampel melalui perbedaan massa sebelum dan sesudah pengeringan.
  8. Analisis Termogravimetri (TGA): Dalam TGA, sampel ditimbang secara kontinu saat dipanaskan. Timbangan analitik yang terintegrasi dalam alat TGA mengukur perubahan massa sampel akibat dekomposisi atau desorpsi.

Dengan resolusi tinggi seperti 0.0001 gram, analytical ballance sangat penting dalam banyak aplikasi laboratorium yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi untuk memastikan hasil yang akurat dan andal.

 

Dibawah analytical ballance tersebut ada precision ballance, banyak kita temui dengan kapasitas s/d 3000 gram dengan resolusi 0.01 gram atau dua digit dibelakan koma.

Dalam industri timbangan jenis ini banyak digunakan untuk pemantauan in proses control, misalnya : memantau berat sachet suatu produk makanan, dll.

 

 

Nah kalau gambar diatas adalah bench scale, salah satu jenis timbangan yang juga luas penggunaannya, berikut ini diantaranya :

BANYAKNYA APLIKASI UNTUK TIMBANGAN BENCH

Timbangan bench dirancang untuk mengambil ruang seminimal mungkin sambil memberikan akurasi dan daya tahan di berbagai lingkungan industri dan komersial. Aplikasi timbangan bench yang sah untuk perdagangan mencakup berbagai industri dan dibangun untuk tahan terhadap penggunaan harian di area basah dan kering.

INDUSTRI MAKANAN/MINUMAN

Salah satu industri terbesar yang menggunakan timbangan bench adalah industri makanan dan minuman. Saat melihat berbagai kemasan, Anda akan melihat selalu ada berat yang dicetak pada setiap kemasan. Pentingnya timbangan bench yang akurat dan andal dalam industri makanan dan minuman sangat penting untuk memastikan setiap kemasan memiliki berat yang tepat sebelum dikirim.

Saat mencari timbangan bench khusus untuk menimbang makanan, penting untuk memilih perusahaan yang memiliki timbangan khusus dengan produksi makanan dalam pikiran. Keamanan makanan sangat penting untuk seluruh proses dan timbangan bench di lingkungan produksi makanan perlu dirancang untuk menangani pembersihan yang konstan. Terkadang akan ada aksesori timbangan tambahan seperti sel beban elektronik yang tertutup rapat atau bahkan papan skor atau tampilan jarak jauh untuk menghemat ruang.

Biasanya di lingkungan makanan dan minuman, timbangan biasanya terbuat dari stainless steel, yang merupakan bahan yang dapat menangani kondisi ekstrem. Mereka menggunakan ini daripada dek baja karena jenis layanan yang diperlukan. Biasanya timbangan bench yang digunakan dalam industri makanan akan memiliki indikator timbangan dan kotak sambungan yang unik untuk membantu memperpanjang umur dan melindunginya dari lingkungan yang keras.

RITEL

Industri ritel memiliki banyak jalur berbeda di mana produk dihitung, ditimbang, dan dikirim. Di toko perhiasan lama, Anda sering dapat melihat timbangan analog digunakan untuk menimbang emas atau apa pun yang dibawa. Dalam ritel, timbangan biasanya berukuran kecil agar tidak memakan banyak ruang. Memilih timbangan yang tepat untuk operasi Anda akan menjadi aset yang sangat berharga, tetapi penting untuk memahami timbangan mana yang paling cocok dengan mengetahui bagian ritel mana Anda beroperasi. Misalnya, bekerja di perusahaan parsel yang menangani pengiriman dan logistik kemungkinan besar akan memiliki timbangan yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di deli di supermarket. T timbangan yang benar meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam operasi Anda, sehingga memastikan alur kerja yang lancar.

INDUSTRI

Dalam pengaturan industri dan manufaktur, biasanya ada sejumlah besar sesuatu yang perlu ditimbang (sekrup, baut, dll.). Karena banyaknya jumlah objek yang perlu ditimbang, timbangan bench menawarkan presisi dalam ruang yang kompak. Dalam pengaturan manufaktur, timbangan perlu tahan lama untuk menangani jumlah pengukuran yang perlu dilakukan setiap hari. Untuk alasan ini, timbangan bench adalah perangkat populer untuk penimbangan cek dalam industri manufaktur. Desain timbangan bench membantu menyediakan kontrol kualitas yang konsisten di industri manufaktur. Timbangan yang biasanya digunakan memiliki desain yang lebih tahan lama.

PENIMBANGAN CEK

Di bengkel manufaktur, timbangan bench ideal untuk menimbang bahan mentah, menghitung potongan sebelum pengemasan, atau penimbangan cek selama kontrol kualitas. Ini biasanya terjadi di akhir proses produksi. Ini membantu memastikan bahwa pengemasan memiliki berat yang benar dan sesuai dengan persyaratan AS. Pada dasarnya Anda harus melihat penimbangan cek sebagai “polisi” di jalur pengemasan. Penimbangan cek pada dasarnya adalah pusat pengendalian berat di jalur produksi, dan membantu melindungi dari produksi produk yang melebihi berat yang dapat diterima atau di bawahnya.

PENGHITUNGAN

Timbangan penghitung dapat membantu Anda menghitung volume tinggi bagian-bagian identik dengan efisien dan akurat. Baik untuk barang masuk atau keluar, timbangan penghitung memastikan Anda memiliki jumlah bagian yang tepat yang Anda butuhkan. Timbangan bench penghitung dapat digunakan untuk menghitung dan menimbang objek secara bersamaan. Misalnya, saat menghitung ribuan sekrup, timbangan penghitung mengambil berat pada satu sekrup dan kemudian melacak jumlahnya saat penimbangan massal dilakukan. Ketika datang ke timbangan bench penghitung, akurasi adalah komponen kunci yang tidak bisa dikompromikan.

FARMASI

Industri farmasi membutuhkan presisi untuk memastikan bahwa obat-obatan efektif dan bukan hanya plasebo. Satu kesalahan pengukuran, tidak peduli seberapa kecil kesalahannya, dapat memiliki konsekuensi yang drastis. Produsen timbangan memahami bahwa timbangan ini memerlukan penanganan yang sangat hati-hati, jadi mereka menerapkan pelindung tertentu untuk membantu menghindari masalah umum yang bisa terjadi. Saat memilih timbangan bench (atau neraca laboratorium) untuk menimbang objek yang memerlukan jumlah yang tepat, Anda menginginkan timbangan yang mampu mendeteksi pengukuran berat yang sangat rendah. Penggunaan timbangan bench di industri farmasi adalah tentang pengukuran yang tepat dan penghitung yang akurat.

 

Nah kalau diatas ini merupakan timbangan pallet, banyak kita temukan di area gudang ataupun area produksi.

Timbangan pallet, atau pallet scale, adalah alat yang dirancang untuk menimbang barang yang ditempatkan di atas pallet. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari timbangan pallet:

  1. Pengukuran Berat Barang: Fungsi utama timbangan pallet adalah mengukur berat barang yang ditempatkan di atas pallet. Ini sangat berguna dalam industri logistik dan pergudangan untuk memastikan berat barang yang akan dikirim atau disimpan.
  2. Efisiensi Pengangkutan: Dengan menggunakan timbangan pallet, perusahaan dapat dengan cepat dan efisien menimbang barang tanpa perlu memindahkannya dari pallet. Ini menghemat waktu dan tenaga kerja.
  3. Pengendalian Inventaris: Timbangan pallet membantu dalam pengendalian inventaris dengan memberikan data berat yang akurat, yang berguna untuk menghitung jumlah stok barang.
  4. Penghitungan Biaya Pengiriman: Berat barang adalah faktor penting dalam menentukan biaya pengiriman. Timbangan pallet memungkinkan perusahaan untuk mengukur berat barang secara akurat, sehingga dapat menentukan biaya pengiriman dengan lebih tepat.
  5. Kepatuhan terhadap Regulasi: Beberapa industri harus mematuhi regulasi yang mewajibkan pelaporan berat barang yang tepat. Timbangan pallet membantu dalam memenuhi persyaratan tersebut.
  6. Menghindari Overloading: Dengan mengetahui berat yang tepat dari barang yang diangkut, perusahaan dapat menghindari overloading kendaraan, yang dapat menyebabkan kerusakan dan risiko keselamatan.
  7. Pengendalian Kualitas: Timbangan pallet dapat digunakan dalam proses pengendalian kualitas untuk memastikan bahwa berat bahan baku atau produk jadi sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.
  8. Penyederhanaan Proses Produksi: Dalam beberapa industri manufaktur, timbangan pallet digunakan untuk menimbang bahan baku sebelum memasuki proses produksi, memastikan konsistensi dan efisiensi dalam produksi.

Secara keseluruhan, timbangan pallet adalah alat yang penting dalam berbagai industri untuk memastikan akurasi dalam penimbangan, efisiensi operasional, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Kalibrasi Massa

Tahapan kalibrasi massa sebenarnya relatif mudah, berikut ini adalah gambarannya :

Pengukuran repeatibility