Jasa Kalibrasi Oven Laboratorium Kimia

Buat teman-teman yang sedang mencari jasa kalibrasi oven laboratorium, silakan langsung gunakan form di bawah ini untuk permintaan penawaran harganya.

Dalam sebuah laboratorium kimia, oven hampir pasti ada keberadaannya, baik itu digunakan untuk pengeringan ataupun uji sampel tertentu atau bahan untuk pemeriksaan kadar air dalam suatu bahan. Dalam beberapa analisa tersebut, ada yang kritikal ataupun yang tidak kritikal. Contohnya : Oven untuk pengeringan, tentunya temperature pada oven ini boleh saja sih menyimpang beberapa derajat mengingat hanya digunakan untuk mengeringkan peralatan gelas setelah dilakukan pencucian. Namun untuk analisa bahan / sampel tentunya parameter temperature di dalam oven tersebut menjadi sesuatu yang kritis dimana harus dipastikan kebenarannya. Salah satu caranya addalah dengan melakukan kalibrasi oven itu sendiri.

Metode yang biasa digunakan untuk kalibrasi oven adalah AS 2853 dimana dalam ruangan oven tersebut diletakkan beberapa thermocouple yang sebelumnya telah dihitung jumlahnya melalui rumus tertentu (misalnya 8 buah thermocouple) diletakkan di dalam ruangan oven tersebut. Setelah temperatur / suhu di dalam oven tersebut stabil, dilakukan pencuplikan data temperature di dalam oven tersebut dengan menghubungkan thermocouple dengan thermometer loggernya. Ada banyak brand yang bisa kita gunakan untuk pembacaan pada saat melakukan kalibrasi oven ini, contohnya : grapthec dsb. 

Untuk oven sendiri, kalibrasi bisa dilakukan tidak hanya di 1 titik suhu, namun bisa 2 atau 3 titik suhu sesuai dengan penggunaannya. Penyimpangan pada saat kalibrasi oven tersebut sangat lazim terjadi. Namun untuk beberapa brand oven, saat ini disertakan menu adjustment dimana kita bisa menambahkan faktor koreksi pada oven itu sehingga mengkompensasi hasil pembacaan pada saat kalibrasi.

Contoh oven yang mempunyai fitur adjustmen ini adalah oven laboratorium merk memmert tipe UNE. Tipe ini disertai dengan menu adjustment di 3 titik pada rentang kapasitas temperature yang bisa kita ubah. Untuk defaultnya, adjustment oven memmert ini dilakukan pada temperature 50 ; 100 ; dan 180 derajat celsius. Dengan adanya fitur ini tentunya kita bisa mengeliminasi faktor koreksi yang timbul jika hasil kalibrasi menunjukkan penyimpangan yang besar melebihi spesifikasi yang telah dtentukan pihak laboratorium tersebut.

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering kita jumpai pada saat kalibrasi oven (kalibrasi enclosure)

1. Variasi temporal : Variasi temperature yang ditimbulkan karena perbedaan waktu pada saat pembacaan temperature pada kalibrasi oven / kalibrasi enclosure/

2. Variasi spacial : Variasi temperature yang ditimbulkan karena perbedaan tempat (perbedaan letak thermocouple) pada saat pembacaan temperature pada kalibrasi oven tersebut.

Sekian semoga bermanfaat.

Untuk teman-teman yang ingin melakukan kalibrasi oven bisa langsung menghubungi kami melalui form berikut ini :