Cara verivikasi Jangka Sorong / Caliper

cara-verifikasi-jangka-sorong-caliper

Artikel berikut ini mudah-mudahan bisa membantu temen-temen paling tidak dalam melakukan verivikasi terhadap jangka sorong / caliper sebelum digunakan.

Saya lebih suka menggunakan kata verivikasi di dalam artikel ini daripada kata kata kalibrasi jangka sorong / caliper karena jika kita ingin melakukan kalibrasi terhadap jangka sorong / caliper maka acuan yang biasa digunakan adalah JIS B 7507 – 1993 yang berjudul Vernier, dial and digital callipers.

Sebelum melakukan verivikasi terhadap jangka sorong / caliper maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah catat identifikasi unik dari jangka sorong / caliper tersebut. Setiap alat pasti mempunyai identifikasi yang berbeda / lebih lazimnya mempunyai nomor seri yang berbeda. lebih baik lagi jika dilengkapi dengan nomor aset. Hal ini dilakukan untuk menghindari double sertifikat karena ketidakjelasan informasi alat tersebut.

Bersihkan alat ukur (jangka sorong / caliper) tersebut terutama dibagian permukaan ukurnya (jaw nya) kemudian gerakkan sliding jaw nya ke pengukuran maksimal, kembalikan lagi ke posisi zero, dan ulangi langkah tersebut berulang-ulang (hal ini untuk memastikan bahwa jaw dapat bergerak dengan bebas dan tidak dalam posisi kendur. pastikan juga bahwa skala pengukuran masih terlihat jelas dan tidak kabur.

Sebelum melakukan kalibrasi atau dalam hal ini verivikasi terhadap jangka sorong / caliper lakukan pengkondisian antara alat tersebut dengan standar yang digunakan berupa gauge block (standar yang digunakan untuk kalibrasi jangka sorong). Hal ini sangat penting dilakukan karena perbedaan suhu mempunyai pengaruh terhadap nilai muai bahan entah itu dari standar gauge block nya ataupun dari jangka sorong / alat ukurnya sendiri.

Untuk melakukan verivikasi terhadap gigi luar (outside jaw), ukur standar gauge block tersebut dengan menggunakan jangka sorong / caliper (untuk ukuran gauge block sendiri tentunya divariasi sesuai dengan rentang ukur dari jangka sorong tersebut). Pada saat melakukan variasi pengukuran terhadap gauge block maka pastikan tekanan yang kita gunakan adalah sama dari gauge block yang satu dengan yang lainnya.

Untuk uji repeatibility langkah diatas maka kita dapat melakukan pengukuran dengan menjepit gauge block di area dalam, tengah, dan ujung dari outside jaw tersebut.

Sedangkan untuk melakukan verivikasi terhadap gigi dalam (inside jaw) maka pada prinsipnya hampir sama dengan langkah verivikasi outside jaw tetapi standar yang digunakan adalah gauge ring. Berbeda dengan gauge block yang berbentuk seperti balok dengan berbagai macam ukuran maka gauge block ring berbentuk seperti cincin.

Jika temen-temen tidak mempunyai standar untuk melakukan verivikasi / kalibrasi terhadap jangka sorong / caliper maka kami juga memberikan jasa pelayanan kalibrasi alat ukur dimensi dimana salah satunya adalah jangka sorong, mikrometer sekrup, dial depht gauge dll.

Untuk menggunakan jasa kalibrasi alat ukur kami silakan klik tombol dibawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *