Cara Menggunakan Jangka Sorong

Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur yang paling banyak digunakan di dalam industri, baik itu di departemen enginering untuk pengukuran part-part mesin, di departemen quality control untuk proses inspeksi kemasan / produk akhir dan lain sebagainya. Alat ini banyak digunakan karena karena dari sisi akurasi terbilang tinggi, dipasaran kita dengan mudah menemukan jangka sorong dengan resolusi 0.01 mm. Dari sisi harga unitnya juga terbilang terjangkau. Jangka sorong untuk ukuran 6″ – 12″ untuk model digital dengan resolusi 0.01 mm di pasaran juga hanya berkisar 1 – 3 jutaan. Biaya¬†kalibrasi¬†untuk unit ini juga tidak mahal. Sebelum membahas tentang cara menggunakan jangka sorong, ada baiknya kita mengenal bagian – bagian di dalam jangka sorong ini :

cara menggunakan jangka sorong dengan mudah

Berikut adalah bagian-bagian dari jangka sorong digital diatas :

1. Outside measuring face
2. inside measuring face
3. fixed jaw
4. movable jaw
5. ON/OFF
6. display
7. zero / abs
8. Bateray compartment lid
9. thumb roller
10. skala
11. depth measuring blade
12. tombol in/mm
13. slider clamp screw
14. origin

Dan berikut ini adalah cara menggunakan jangka sorong dengan mudah :

1. Untuk pengukuran diameter luar lakukan cara sebagai berikut :

a. Hidupkan alat dengan menekan tombol ON/OFF sehingga display menyala

b. Untuk satuan pengukuran bisa menyesuaikan dengan kebutuhan apakah ingin alam satuan mm atau satuan inch, satuan ini bisa diubah dengan menekan tombol in / mm (tombol no. 12 pada gambar)

c. Sebelum melakukan pengukuran pastikan movable jaw (4) menempel dengan fixed jaw (3) kemudian tekan zero / abs (7).

d. Geser movable jaw (4) ke kanan dengan menggunakan thumb roller (9) sehingga benda yang diukur (15) dapat masuk kedalam Outside measuring face (1). Pada tahapan ini ada kalanya moveable jaw (4) tidak dapat digeser maka kendor slider clamp screw (13) dengan memutar berlawanan arah dengan jarum jam.

e. Geser movable jaw (4) kekiri sedemikian rupa sehingga benda yang diukur (15) terjepit oleh outside measuring face (1)

f. Catat pembacaan skala (10) pengukuran yang tertera di display (6) alat.

2. Untuk pengukuran diameter dalam lakukan langkah-langkah berikut ini :

a. Untuk langkah a – c sama dengan pengukuran diameter luar diatas.

b. Geser movable jaw (4) sedikit kekanan dengan menggunakan thumb roller (9) sehingga inside measuring face (2) dapat masuk ke dalam benda yang diukur. Adakalanya moveable jaw (4) tidak dapat digeser, maka kendor slider clamp screw (13) dengan memutar berlawanan arah dengan jarum jam.

c. Geser movable jaw (4) kekanan sehingga movable jaw (4) dan fixed jaw (3) pada inside measuring face (2) menyentuh kedua dinding benda yang diukur

d. Catat pembacaan skala (10) pengukuran yang tertera di display (6) alat

3. Untuk pengukuran kedalaman lakukan langkah-langkah berikut ini :

a. Untuk langkah a – c sama dengan pengukuran diameter luar diatas

b. Pastikan movable jaw (4) menempel pada fixed jaw (3) kemudian tekan zero / abs (7). Perlu dicatat mengenai pengukuran kedalaman, pastikan Caliper berada dalam keadaan tegak lurus terhadap benda yang diukur.

c. Geser movable jaw (4) dengan menggunakan thumb roller (9) sehingga depth measuring blade (11) menyentuh permukaan benda yang

Catatan : Jika moveable jaw (4) tidak dapat digeser, maka kendor slider clamp screw (13) dengan memutar berlawanan arah dengan jarum jam.

d. Catat pembacaan skala (10) pengukuran yang tertera di display (6) alat.

Demikian artikel tentang cara menggunakan jangka sorong,

Mencari Jasa Kalibrasi Alat Ukur Untuk Perusahaan Anda? Silakan Gunakan Form Berikut :

[contact-form-7 404 "Not Found"]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *