Cara Mengatur Posisi Bubble Spirit Level pada Timbangan

cara mengatur posisi bubble spirit level pada timbangan

Salah satu hal yang menjadi faktor yang berpengaruh dalam kegiatan good weighing practice (GWP) adalah posisi bubble spirit level pada timbangan itu sendiri, Dimana posisinya harus berada di tengah sebelum dilakukan aktifitas penimbangan. Namun terkadang masih ada analis / operator yang bingung bagaimana cara membuat bubble spirit level ini menjadi di posisi tengah dengan kata lain masih banyak yang asal-asalan memutar leveling foot pada timbangan tanpa tahu prinsipnya.

Berikut ini adalah tips singkat cara mengatur posisi bubble spirit level supaya berada di tengah..

Sebagian besar timbangan / moisture ballance mempunyai leveling foot di keempat sudutnya, namun tak jarang yang hanya mempunyai 3 leveling foot, yaitu 2 di depan dan 1 di bagian tengah belakang, namun secara prinsip tetap sama dimana bubble spirit tersebut akan berada ke level yang lebih tinggi dari timbangan tersebut.

Berikut ini adalah contohnya :

Dapat dilihat pada gambar diatas, bahwa bubble spirit level terletak di sebelah kanan dari posisi tengah, maka untuk membuatnya menjadi ke tengah, kita harus menuruhkan posisi timbangan sebelah kanan dengan cara memutar leveling foot sebelah kanan ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam) atau menaikkan posisi timbangan sebelah kiri dengan cara memutar leveling foot sebelah kiri ke kanan (se arah jarum jam).

7. leveling foot water

Gambar diatas adalah contoh yang lainnya..

Jika kita menghadapi posisi bubble spirit level seperti diatas, maka kita bisa melakukan cara berikut ini :

Putar leveling foot yang berada di sebelah kanan timbangan searah jarum jam, dengan harapan bubble spirit level tersebut bergeser ke kanan, kemudian putar leveling foot yang berada di bagian depan timbanagn searah jarum jam sehingga bubble spirit level tersebut bergerak ke depan sehingga menuju ke tengah..

Dengan mengetahui prinsip singkat tersebut diatas kita bisa tahu cara mengatur posisi bubble spirit level dengan mudah. Untuk timbangan dengan tipe terbaru, posisi bubble spirit level ini terkadang di display di layar sebagai warning jika poisisinya tidak di tengah harap diatur terlebih dahulu sebelum melakukan aktifiktas penimbangan..

Dan pastikan, untuk tetap menjamin hasil penimbangan akurat, timbangan tersebut haruslah dikalibrasi secara berkala.

Sumber gambar :

Timbangan AND >>> https://www.aandd.jp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *