Alat Ukur Kadar Air Pengganti Metode Oven

alat-ukur-kadar-air-murah

Tidak seperti beberapa tahun yang lalu, saat ini alat ukur kadar air bisa dikatakan sangat canggih, untuk analisa kandungan air dalam suatu sampel hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 5 menit. Yup.. Moisture analyzer nama alat tersebut, terkadang kita menyebutnya dengan moisture ballance karena memang alat ini merupakan penggabungan 2 parameter yaitu suhu dan massa. Untuk menemukan alat ini pun tidaklah sulit, hampir semua suplier yang business utamanya menjual timbangan hampir bisa dipastikan mereka juga memproduksi moisture analyzer ini.

Jika dahulu kita mengukur kadar air dengan menggunakan metode oven dengan urutan langkah sebagai berikut :

1. Timbang berat kosong botol timbang dengan menggunakan timbangan analitik

2. Tara timbangan analitik tersebut sehingga dislay menunjukkan angka 0.0000 gr dengan botol timbang tetap berada diatas pan.

3. Timbang sejumlah sampel ke dalam botol timbang tersebut sesuai dengan metode analisa sampel yang akan dianalisa.

4. Lakukan pemanasan dengan menggunakan oven pada temperature dan lama waktu sesuai dengan metode analisa sampel tersebut.

5. Jika waktu sudah selesai, angkat botol timbang yang terisi sampel tersebut dengan menggunakan tang krus

6. Masukkan botol timbang tersebut ke dalam desikator dan diamkan beberapa saat

7. Timbang botol timbang yang terisi sampel tersebut dengan menggunakan timbangan analitik tadi

8. Kadar air bisa dihitung dengan (total berat yang hilang / Total berat sampel awal) x 100 %

Langkah diatas terbilang sederhana, namun yang menjadi permasalahan adalah ketika kita aplikasikan ke dalam sebuah industri dimana hasil analisa tersebut ditunggu untuk menyatakan produk tersebut OK atau TIDAK OK. Kita bisa bayangkan berapa besarnya biaya yang terbuang karena menunggu hasil analisa ini. Target produksipun bisa jadi tidak tercapai.

Dengan adanya alat ukur kadar air moisture analyzer / moisture ballance, permasalah diatas bisa terselesaikan. Umumnya untuk analisa sampel dengan unit alat ini hanya memerlukan waktu berkisar 3 menit.

Namun tentunya kita harus melakukan transfer metode terlebih dahulu dari metode oven ke metode moisture analyzer ini. Setingan di dalam moisture analyzer harus seperti apa sehingga mendapatkan hasil yang optimah dan tidak berbeda signifikan ketika kita melakukan pengukuran kadar air dengan metode oven. Untuk pencarian metode analisa ini kita tidak perlu khawatir, karena biasanya suplier moisture ballance berkenan membantu sebagai support mereka atas pembelian produk moistre ballance tersebut.

Berikut ini Hal Penting Terkait dengan Alat Ukur Kadar Air Moisture Ballance

1. Karena alat ini adalah penggabungan dari massa dan temperature, maka praktek cara penimbangan yang baik (GWP) juga harus diterapkan.

2. Pastikan buble leveling terletak di posisi tengah

3. Lakukan kalibrasi secara berkala

4. Jika diperlukan lakukan verifikasi dengan menggunakan bahan yang khusus untuk verifikasi moisture ballance yang dijual oleh suplier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *